Sukai Artikel

Mengungkap Sejarah Ayam Birma Sesungguhnya



Tentang Asal Usul Ayam petarung Birma - birma merupakan sejenis ayam hutan yang berasal dari negara myanmar dan Pada dulunya birma dikenal hanya ayam biasa yang ditemukan diperkampungan daerah myanmar lalu ditangkap oleh warga sekitar untuk dijadikan ayam hiasan dan bibit. Dari ke unikan ayam ini membuat orang thailan tertarik untuk membeli lalu membawanya pulang dan dikembang biakan menjadi ayam ternakan biasa. Pada awalnya orang thailan tidak mengira bahwa ada pertarungan antara ayam birma dan ayam bangkok dihalaman belakang rumah' beliau sendiri terkejut dengan kemampuan dan kehebatan birma yang bisa menandingi kehebatan bangkok setelah melihat pertarungan tersebut disitulah ayam birma dijadikan sebagai ayam aduan oleh orang-orang thailan.



Teknik Bertarung - Ayam birma terkenal dengan tingkat akurasi pukulan cepat dan tepat pada bagian kepala khas dari ayam birma sendiri memiliki daya serang dan kecepatan yang luar biasa, Bermain dengan gaya meranggal berlari-lari dan khas pukulan timpuk yang mematikan setelah melihat kemampuan juga kehebatannya kini birma mampu bersaing dengan jenis ayam bangkok. Ayam birma mulai diminati dan digemari oleh kalangan penghobi di indonesia akankah ketenaran ayam birma perlahan meredup akibat kalah bersaing dengan ayam bangkok.


Ayam birma memiliki struktur fostur badan jauh lebih kecil dibandingkan dengan ayam model bangkok bisa dianggap ukuran birma sama dengan ukuran ayam lokal atau ayam kampung asli indonesia secara rinci birma memiliki ukuran kurang lebih 5 atau 6-5 dengan berat badan sekitar 2,4kg - 2,9kg dan 3kg mirip sekali dengan ayam kampung biasa memang sejatinya birma pun merupakan salah satu jenis ayam kampung dinegaranya.

Ayam birma sendiri mempunyai bentuk kaki sampai jari jari begitu kecil dan panjang bisa dibilang bentuk kaki merit atau ramping tulangan ayam ini juga relatif kecil dan tipis. Ciri khas warna bulu memiliki tampilan berbeda dengan jenis ayam bangkok thailan yang biasanya dominan berwarna merah, hitam dan kuning sedangkan ayam birma sendiri memiliki banyak campuran warna bulu seperti merah, coklat abu  dan widu. keistimewaan jenis ayam birma dikenal petarung jarak jauh lebih sering menghindar muter muter menjaga jarak dari lawan. Kelemahan ayam birma sendiri memiliki tulangan tipis dan fostur ukuran kecil sehingga disaat bertarung dengan waktu yang lama ayam ini sering berlari - lari akibat tak kuat terkena pukulan.


Maka dari itu setiap para penghobi melakukan persilangan untuk merubah karakter dari ayam seperti teknik bertarung, pukulan, mental dan ukuran badan. Untuk saat ini harga ayam silangan begitu tinggi semakin banyak model tipe baru dan populer misalnya "Birkok" hasil persilangan antara birma dengan bangkok selanjutnya ada juga ayam bangkok phakoy. Ayam bangkok phakoy yang bagus adalah hasil perkawinan dari 4 jenis ayam pilihan Ayam phakoy impor rata-rata memiliki ciri khas lebih bagus dari segi teknik dan pukulan.


Itu lah ulasan tentang Sejarah Ayam Aduan Birma yang Sesungguhnya semoga artikel ini memberi sedikit pengetahuan dibidang penghobian ayam laga.!!!


0 Response to "Mengungkap Sejarah Ayam Birma Sesungguhnya "

Post a Comment

Loading...
loading...
!-- Go to www.addthis.com/dashboard to customize your tools -->